#TUGAS: Ilmu Sosial Dasar - Pertemuan 1

Soal
1. Jelaskan bagaimana pertumbuhan penduduk di dunia, terutama Indonesia, beberapa pembahasannya meliputi faktor-faktor penyebab dan yang mempengaruhi!
2. Jelaskan pengaruh pertumbuhan penduduk tersebut dengan perkembangan sosial!
3. Jelaskan kaitan masalah penduduk dengan perkembangan kebudayaan dengan memberikan contoh!

Jawaban
1. Pertumbuhan penduduk adalah perubahan populasi sewaktu-waktu, dan dapat dihitung sebagai perubahan dalam jumlah individu dalam sebuah populasi menggunakan "per waktu unit" untuk pengukuran. Sebutan pertumbuhan penduduk merujuk pada semua spesies, tapi selalu mengarah pada manusia, dan sering digunakan secara informal untuk sebutan demografi nilai pertumbuhan penduduk, dan digunakan untuk merujuk pada pertumbuhan penduduk dunia.



Sumber : Worldometers.info

Faktor – faktor Pertambahan/Pertumbuhan Penduduk
Pertambahan penduduk pada dasarnya dipengaruhi oleh faktor – faktor demografi sebagai berikut :
a. Kematian (Mortalitas)
b. Kelahiran (Natalitas)
c. Migrasi (Mobilitas)

Kelahiran dan kematian dinamakan faktor alami, sedangkan perpindahan penduduk dinamakan faktor non alami. Di dalam pengukuran demografi ketiga faktor tersebut diukur dengan tingkat/rate. Tingkat/rate adalah ukuran frekuensi suatu penyakit atau peristiwa/kejadian tertentu yang terjadi pada suatu populasi selama periode waktu tertentu, dibandingkan dengan jumlah penduduk yang menanggung resiko tersebut.

a. Kematian (Mortalitas)
Kematian adalah hilangnya tanda-tanda kehidupan manusia secara permanen. Kematian bersifat mengurangi jumlah penduduk dan untuk menghitung besarnya angka kematian caranya hampir sama dengan perhitungan angka kelahiran. Banyaknya kematian sangat dipengaruhi oleh faktor pendukung kematian (pro mortalitas) dan faktor penghambat kematian (anti mortalitas).

b. Kelahiran ( Natalitas )
Kelahiran bersifat menambah jumlah penduduk. Ada beberapa faktor yang menghambat kelahiran (anti natalitas) dan yang mendukung kelahiran (pro natalitas)

c. Migrasi ( Mobalitas )
Migrasi penduduk adalah perpindahan penduduk dari tempat yang satu ke tempat lain. Dalam mobilitas penduduk terdapat migrasi internasional yang merupakan perpindahan penduduk yang melewati batas suatu negara ke negara lain dan juga migrasi internal yang merupakan perpindahan penduduk yang berkutat pada sekitar wilayah satu negara saja.


2. Migrasi adalah salah satu dari tiga komponen dasar dalam demografi, Migrasi bersama dengan dua komponen lainnya, kelahiran dan kematian, mempengaruhi dinamika kependudukan di suatu wilayah.

Berikut ini adalah akibat yang muncul dari migrasi :

a. Pengaruh Kepadatan Penduduk terhadap Bidang Ekonomi
Dampak kepadatan penduduk terhadap ekonomi adalah pendapatan per kapita berkurang sehingga daya beli masyarakat menurun. Hal ini juga menyebabkan kemampuan menabung masyarakat menurun sehingga dana untuk pembangunan negara berkurang. Akibatnya, lapangan kerja menjadi berkurang dan pengangguran makin meningkat.

b. Pengaruh Kepadatan Penduduk terhadap Bidang Sosial
Jika lapangan pekerjaan berkurang, maka pengangguran akan men ingkat. Hal ini akan meningkatkan kejahatan. Selain itu, terjadinya urbanisasi atau perpindahan penduduk dari desa ke kota untuk mendapatkan pekerjaan yang layak makin meningkatkan penduduk kota. Hal ini berdampak pada lingkungan dan kesehatan masyarakat.

c. Pengaruh Kepadatan Penduduk terhadap Lingkungan
Jumlah penduduk yang makin meningkat menyebabkan kebutuhannya makin meningkat pula. Hal ini berdampak negatif pada lingkungan, yaitu:

d. Pencemaran Lingkungan
Pencemaran atau polusi adalah penambahan segala substansi ke lingkungan akibat aktivitas manusia.


3. Kaitan antara masalah penduduk dan perkembangan budaya, yaitu :
–          Hubungan Manusia dan kebudayaan
Dipandang dari sudut antropologi, yaitu; manusia sebagai makhluk biologi dan manusia sebagai makhuk sosio-budaya. Hanya manusialah yang memiliki keudayaan karena manusia dapat belajar dan memahami bahasa yang berasal dari akal. Manusialah yang menciptakan kebudayaan dan tidak ada kebudayaan tanpa adanya manusia.

–          Hubungan Sosial/ Masyarakan dan Kebudayaan
Masyarakat adalah kumpulan manusia yang menempati suatu wilayah tertentu dan mempunyai aturan-aturan yang mengatur mereka, dan kebudayaan bersifat komulatif, bertimbun. Kebudayaan tak mungkin timbul tanpa adayanya masyarakat dan eksistensi masyarakat itu hanya dapat dimungkinkan oleh adanya kebudayaan.

–          Hubungan Manusia, Masyarakat/Sosial, dan Kebudayaan
Jelas, bahwa manusia, sosial dan kebudayaan adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dan utuh, dengan ketiga unsure tersebut makhluk sosial berlangsung. Karena manusia hidup bersosialisai/ bermasyarakat saling membutuhkan, manusia yang tidak pernah mengalami kehidupan bermasyarakat tidak dapat menunaikan bakat-bakat kemanusiaannya yaitu kebudayaan.


Sumber :
https://www.worldometers.info/population/
https://www.worldometers.info/world-population/indonesia-population//
https://ryowicaksono98.blogspot.com/2016/09/definisi-pertumbuhan-penduduk.html?m=1
http://takanlupa.blogspot.com/2014/12/tugas-isd-ii-perkembangan-penduduk-dan.html?m=1
https://rarastrianaputri.wordpress.com/2013/10/28/pengaruh-pertumbuhan-penduduk-terhadap-perkembangan-sosial-dan-hubungan-antara-masalah-penduduk-dengan-perkembangan-budaya/amp/

Komentar