#TUGAS : 2.1 Manajemen Layanan Sistem Informasi - ITIL (Information Technology Infrastruktur Library)

Apa yang anda ketahui tentang Information Technology Infrastructure Library (ITIL) atau pustaka infrastruktur teknologi informasi dan berikan contohnya?
 Pengertian ITIL
ITIL adalah kerangka umum yang menggambarkan Best Practice dalam pengelolaan layanan TI. ITIL menyediakan kerangka kerja untuk tata kelola TI, yang ‘pembungkus layanan’, dan berfokus pada pengukuran terus-menerus dan peningkatan kualitas layanan TI yang disampaikan, baik dari bisnis dan perspektif pelanggan. Fokus ini merupakan faktor utama dalam keberhasilan ITIL di seluruh dunia dan telah memberikan kontribusi untuk penggunaan produktif dan untuk manfaat utama yang diperoleh organisasi-organisasi mengerahkan teknik dan proses seluruh organisasi mereka.
Beberapa manfaat tersebut meliputi:
  1. Peningkatan pengguna dan kepuasan pelanggan dengan layanan TI
  2. Meningkatkan ketersediaan layanan, langsung mengarah ke peningkatan keuntungan bisnis dan pendapatan
  3. Penghematan keuangan dari berkurangnya pengerjaan ulang, waktu yang hilang, pengelolaan sumber daya dan penggunaan
  4. Peningkatan waktu ke pasar untuk produk dan layanan baru
  5. Meningkatkan pengambilan keputusan dan risiko dioptimalkan
Kelemahan ITIL
Kelemahan ITIL antara lain: buku-buku ITIL sulit terjangkau bagi pengguna non komersial, ITIL bersifat holistic yang mencakup semua kerangka kerja untuk tatakelola TI, pelaksanaan pedoman dalam buku ITIL memerlukan pelatihan khusus dan biaya pelatihan atau sertifikasi ITIL terlalu tinggi
Kelebihan ITIL
  1. Memberi deskripsi rinci sejumlah praktik penting TI dan menyediakan daftar komprehensif tugas dan prosedur yang didalamnya setiap organisasi dapat menyesuaikan dengan kebutuhannya sendiri.
  2. ITIL bukan merupakan standard yang memberikan prescription tetapi lebih kepada merekomendasikan, oleh karena itu implementasi antara satu organisasi dengan organisasi lain dapat dipastikan terdapat perbedaan. Dengan demikian kita tidak bisa membandingkan atau melakakuan benchmark secara pasti.




Komentar